5 Kuliner Khas Qatar, Pas Dinikmati Sambil Nonton Piala Dunia 2022

Wulan | Selera Nusantara | 28-11-2022

Machboos, salah satu makanan khas Qatar (Foto: chefmeathome.com)

PARBOABOA - Sebagai negara tuan rumah kompetisi sepak bola sejagat Piala Dunia 2022, Qatar kini tengah menjadi sorotan. Tak hanya memiliki banyak tempat wisata, Qatar juga dikenal mempunyai beragam kuliner khas lezat yang wajib dicoba.

Qatar memiliki warisan kuliner yang sangat kaya. Deretan kuliner khas Qatar ini juga hadir dengan cita rasa yang unik.

Diresapi dengan banyak rempah-rempah yang melekat erat dengan gaya memasak masyarakatnya, kuliner Qatar menawarkan berbagai hidangan, termasuk makanan penutup, yang lezat dan sangat unik.

Pensaran apa saja? Berikut kuliner khas Qatar yang selalu menarik pecinta pengunjung untuk menjelajahi negara tersebut.

1. Machboos

Machboos adalah hidangan nasi berbumbu yang dibuat dengan mengasinkan ayam, sapi, domba, unta, atau bahkan ikan. Dengan metode memasak yang dimarinasi, membuat daging hidangan tersebut mendapatkan rasa yang mendalam dan menghasilkan perpaduan rempah-rempah serta aroma yang lezat.

2. Saloona

Saloona adalah hidangan kaldu daging dan sayuran pedas yang sangat populer di kalangan penduduk setempat. Hidangan satu ini bisa disajikan dengan bahan apa pun yang tersedia.

Bumbu yang digunakan untuk melengkapi kelezatan hidangan ini bervariasi, tergantung di mana kamu menikmatinya. Adapun bahan yang paling utama dalam hidangan saloona adalah bawang putih dan jahe.

Meski tersedia pilihan vegetarian, umumnya saloona dibuat dengan daging domba, sapi, atau ikan, bersama dengan kentang, wortel, dan tomat, serta sayuran lainnya.

3. Shawarma

Dikenal sebagai hidangan tradisional di sebagian besar negara Arab, shawarma juga merupakan makanan khas Qatar.

Inti dari hidangan shawarma adalah dagingnya yang dipanggang perlahan di atas rotisserie vertikal yang kemudian diiris tipis. Kemudian dalam sebuah roti pipih besar berbentuk kerucut diisi dengan daging, rempah-rempah, dan sayuran.

4. Baleelat

Menantang selera, makanan tradisional Qatar yang satu ini terasa manis sekaligus gurih. Basisnya terbuat dari bihun goreng, dibumbui dengan kapulaga, kunyit, dan air mawar yang memberikan rasa manis.

Hidangan ini pun dilengkapi dengan telur dadar dan umumnya ditambahkan dengan pistachio.

Meski biasanya disajikan untuk sarapan, baleelat juga merupakan makanan penutup yang dapat dinikmati dengan asyik.

5. Umm ali

Walaupun berasal dari Mesir, umm ali merupakan makanan penutup yang populer di Qatar. Makanan ini telah dinikmati secara luas di banyak negara Timur Tengah.

Mirip dengan puding roti, umm ali dibuat dengan susu kental, kismis, dan kacang cincang, bersama dengan berbagai rempah untuk menambah rasa. Sajian ini kemudian dipanggang hingga bagian atasnya menjadi renyah.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi makanan khas Qatar yang bisa kamu nikmati dikala menonton Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung. Pengen nyobain yang mana nih?

Tag : #qatar    #piala dunia    #selera nusantara    #kuliner khas qatar    #makanan tradisional qatar    #piala dunia qatar 2022   

Baca Juga