Lagi-Lagi Kebobolan, 6 Juta Data Kemenkes Diduga Bocor

Penulis : Rini | Nasional | 07-01-2022

Ilustrasi Hacker (dok Ist)

PARBOABOA, Jakarta – Peretasan situs pemerintah kembali terjadi, kali ini kebocoran dokumen menimpa Kementrian Kesehatan, dimana diduga ada 6 juta data yang berisi rekam medis pasien telah diperjual belikan di Raid Forums pada Kamis (6/1/2022).

Dokumen tersebut diperjual belikan oleh pemilik akun dengan ID “Astarte” sebesar 720 GB yang berisi sejumlah data dan dokumen kesehatan pasien yang menjalani pemeriksaan radiologi, serta hasil CT Scan, tes Covid-19, seperti nama pasien, rumah sakit, foto pasien, hasil tes COVID-19 dan hasil pindai X-Ray.

Penjual mengeklaim bahwa rekam medis itu berasal dari berbagai rumah sakit besar di seluruh Indonesia. Namun memang tidak disebutkan mengenai harga jual data tersebut, namun disebutkan bahwa penjual menerima pembayaran dalam bentuk mata uang kripto Bitcoin (BTC) atau Monero (XMR).

Sebagai bukti keaslian dokumen yang dijual, penjual menyertakan sampel dokumen berukuran 3,26 GB yang bisa diunduh secara gratis. Selain itu, penjual juga memberikan tautan yang mengarah ke sebuah video demo. Video itu memperlihatkan isi rekam medis pasien di server Kemenkes yang diduga bocor.

Kebobolan yang menimpa Kemenkes ini menyebabkan kekhwatiran di masyarakat. Pasalnya kebocoran data Kemenkes ini terjadi hanya berselang 6 bulan, setelah sebelumnya data Kemenkes bocor pada Agustus 2021 lalu. Saat itu ada 1,3 juta data pasien yang diambil dari aplikasi Electrornic Health Alert (e-HAC) yang bocor.

Sebelumnya pada bulan Mei 2021, 279 juta data BPJS yang diambil dari situs Kemenkes diperjual belikan oleh pemilik akun bernama Kotz ddi Raid Forums. Masyarakat juga sempat dihebohkan dengan bocornya sertifikat vaksin Covid-19 milik Presiden Jokowi yang diperoleh dari Aplikasi PeduliLindungi.

Tanggapan Kemenkes Soal Kebocoran Data

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan akhirnya angkat bicara. Mereka menyatakan sedang menelusuri dugaan data pasien yang berada di server mereka bocor dan dijual di forum gelap.

"Kami sedang melakukan 'assessment' permasalahan yang terjadi dan mengevaluasi sistem kami," kata Chief Digital Transformation Officer, Kemenkes, Setiaji, dikutip dari Antaranews, Jumat (7/1/2022).

Editor : -

Tag : #kemenkes    #hacker    #kebocoran data    #raid forums    #kesehatan   

Baca Juga