8 Masjid Terindah di Dunia (Foto:stutterstock)

8 Masjid Terindah di Dunia, Indonesia Termasuk di dalamnya?

Ester | Internasional | 12-09-2022

PARBOABOA – Masjid adalah salah satu tempat ibadah yang dipakai oleh umat Islam diseluruh dunia. Untuk umat muslim, kesucian masjid harus dijaga dan dirawat. Hal itu sering menjadi alasan mengapa masjid-masjid di dunia dibangun menggunakan bahan dan teknik khusus.

Selain itu, ada banyak sekali masjid di dunia yang didesain dengan arsitektur yang indah dan megah untuk memberikan kenyamanan bagi setiap umat muslim dalam beribadah.

Tidak heran mengapa ada banyak masjid terindah dan terbesar di dunia yang sering digunakan untuk beribadah, atau bahkan menjadi tempat wisata sakral.

Di bawah ini, kami akan memberikan 8 masjid terindah di dunia yang memiliki nuansa nyaman dan megah untuk digunakan setiap umat Islam diseluruh dunia. Masjid apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Masjid Siddiqah Fatimah Az- Zahra (AS)

(Foto : kontraktorkubahmasjid)

Masjid Siddiqah Fatimah Az- Zahra (AS) adalah masjid terindah di dunia yang berada di kota Kuwait, tepatnya dekat dengan Bandara Internasional Kuwait. Masjid ini dibangun pada tahun 2008-2011. Dengan luas total 3200 meter persegi, masjid ini dapat menampung pengunjung atau jamaah laki-laki sebanyak 3500 dan perempuan 500 orang.

Untuk area parkir, masjid Masjid Siddiqah Fatimah Az- Zahra (AS) ini dapat menampung sekitar 1000 mobil pengunjung.

2. Masjid Nur Astana

(Foto : umma.id)

Selanjutnya adalah Masjid Nur Astana. Masjid terindah di dunia ini berada di Ibu Kota Kazakhstan, Astana. Selain menjadi masjid terbesar di Kazakhastan, Masjid Nur Astana juga menjadi masjid terbersar kedua di daerah Asia tengah.

Luas dari masjid ini sekitar 4000 meter persegi dan meampung sebanyak 5000 orang. Masjid ini sendiri dibangun dari tanggal 22 Maret 2005 dan selesai pada tahun 2008. Selain itu, masjid ini dilengkapi dengan kubah yang dilapisi emas dan memiliki menari setinggi 63 meter.

3. Masjid Biru Mazar-i- Sharif

(Foto : iqna.ir)

Selanjutnya adalah Masjid Biru Mazar-i- Sharif. Masjid yang satu ini terletak di jantung kota Afganistan dan dibangun saat masa penguasa Dinasti Seljuk. Ada banyak sekali sejarah yang tersimpan dari masjid terindah di dunia ini.

Pada tahun 1220 Masehi, Masjid ini pernah diruntuhkan oleh Gengshis Khan. Hal itu membuat terjadinya pertempuran di sekitar area masjid. Kemudian di abad ke 15, Sultan Husayn Mirza Bayqara merenovasi ulang masjid ini dan membuatnya menjadi Masjid Biru Mazar-i- Sharif.

4. Masjid Putra

(Foto : creative-muslims.com)

Masjid Putra adalah salah satu masjid terindah di dunia yang ada di Malaysia. Masjid ini memiliki nuansa yang sangat cantik dan megah serta terletak di daerah Putrajaya, Malaysia. Masjid yang terlihat seperti terapung di atas danau ini dibangun pada tahun 1997.

Proses pengerjaannya pun memakan waktu selama 2 tahun. Bangunan ini didominasi oleh warna merah muda dan menggabungkan arsitektur bedaya tradisional modern. Tidak heran mengapa masjid yang satu ini sangat indah.

5. Masjid Kubah Emas

(Foto : rumah.com)

Dari namanya tentu kita sudah mengetahui bahwa masjid terindah di dunia yang satu ini memiliki bangunan yang mewah. Masjid Kubah Emas terletak di Yerusalem dan memiliki ubin mosaic pirus yang menawan.

Di atas masjid ini teradpat kubah raksasa berlapis emas dan dianggap menjadi masjid yang suci. Masjid ini juga menjadi salah satu simbol dari wilayah Al Quds dan Palestina.

6. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

(Foto : FathulGhofur)

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah salah satu masjid terindah di Asia Tenggara yang terletak di Brunei Darussalam. Masjid ini berlokasi di ibu kota Brunei sendiri yakni Bandar Seri Begawan. Selain menjadi masjid terindah, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini juga menjadi salah satu ojek wisata utama di Brunei.

Masjid ini dibangun di atas laguna buatan yakni di tepi sungai Brunei, tepatnya di Kampung Ayer. Bangunannya sendiri terbuat dari maermer dan kubah emas murni. Terdapat pula taman bunga dan pepohonan yang membuat pemandangan sekitarnya asri.

7. Masjid Istiqlal

(Foto : Instagram/@key.pramudia)

Masjid terindah selanjutnya datang dari Indonesia. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terindah di dunia yang berada di ibu kota Indonesia, yakni DKI Jakarta. Masjid ini dirancang oleh seseorang beragam Kristen, yakni Frederich Silaban.

 Masjid ini sendiri mampu menampung hingga 200 ribu pengunjung dan memiliki nuansa yang sangat sejuk. Meski Jakarta terkenal dengan uduaranya yang panas, jika kamu memasuki kawasan masjid ini maka kamu akan merasakan ke damaian.

8. Masjid Agung Sheikh Zayed

(Foto : iStock)

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terindah di duia yang berada di Abu Dhabi. Masjid ini terletak di kota yang memiliki kehidupan serba mewah. Tidak heran mengapa masjid satu ini juga memiliki nuansa mewah.

Masjid Agung Sheikh Zayed ini dilengkapi dengan 82 kubah dan terbuat dari marmer putih. Terdapat pula lampu gantung yang seluruh lampunya terbuat dari Kristal Swarovski dan dilapisi emas 24 karat.

Tag : #masjid    #terindah    #internasional    #tempat ibadah    #masjid istiqlal    #arsitektur    #muslim    #islam   

Baca Juga