Apa Itu WhatsApp Aero yang Lagi Ramai Dibicarakan? Punya Fitur Menarik Namun Berbahaya

Penulis : Wanovy | Teknologi | 04-01-2022

Ilustrasi WhatsApp Aero

PARBOABOA - WhatsApp Aero belakangan kembali ramai dibicarakan. Aplikasi yang satu ini memang menyajikan beragam fitur menarik. Akan tetapi di sisi lain, bahaya WhatsApp Aero juga tak boleh dikesampingkan.

Pada dasarnya, WhatsApp Aero adalah aplikasi MOD alias sudah dimodifikasi dari versi aslinya. Satu-satunya aplikasi resmi WhatsApp adalah buatan Meta dan tidak ada aplikasi lainnya kecuali WhatsApp Business.

WhatsApp Aero rilis pada 2019 lalu dan dikembangkan seorang yang menyebutkan dirinya sebagai Freelance Designer dan Developer bernama Hazar Bozkurt yang berasal dari Turki. Secara fungsi, Aero ini sudah dimodifikasi dengan tambahan fitur premium.

Sejumlah fitur baru dan menarik hadir disini yang absen dari WhatsApp model lama besutan Meta Platform Inc ini. Ingat, WhatsApp Aero adalah aplikasi modifikasi dari versi resminya.

Berdasarkan pantauan, WhatsApp Aero juga tidak dapat ditemukan di Google Play Store maupun App Store.

Fitur-fitur WhatsApp Aero

Berikut ini detail fiturnya, dikutip dari WhatsAero.

1. Sembunyikan centang biru

Pengguna dapat menyembunyikan centang biru (centang baca pesan), centang kedua (centang terkirim pesan), status online, tampilan cerita, mikrofon biru, "merekam...", "menulis..." dan lain-lain.

2. Anti hapus pesan

Selain itu, terdapat pula fitur yang dapat menghapus pesan di WhatsApp original bisa digunakan kapan saja. Di WhatsApp Aero, penggunanya dapat memasang Anti-Hapus Pesan supaya pesan itu tidak mudah dihapus.

3. Balas pesan otomatis

Di WhatsApp Aero, Anda juga dapat mengirimkan balasan chat secara otomatis dengan fitur ini, kemudian bikin pesan yang dijadwalkan dan mengirimkannya kapan pun Anda mau.

4. Sembunyikan status online

Fitur selanjutnya adalah menyembunyikan status online di WhatsApp Aero. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan beragam status yang ada di WhatsApp. Misalnya, menyembunyikan status online yang biasa muncul di bawah nama pengguna ketika berada di ruang obrolan atau status pesan telah dibaca.

5. Menyembunyikan obrolan

Pengguna WhatsApp Aero dapat memanfaatkan opsi kunci dengan sandi maupun sidik jari untuk menjaga obrolan tetap aman. Pengguna dapat mengunci atau menyembunyikan obrolan dengan kata sandi.

6. Tema Aero

Di WhatsApp Aero, Anda bisa menggonta-ganti tema di mana sudah tersedia ribuan yang bisa dipakai. Kendati fitur-fiturnya tampak lebih menarik dari WhatsApp biasa, namun, ada risiko keamanan yang dapat menghampiri pengguna jika mengunduhnya tanpa berpikir anjang.

Disarankan untuk tidak mengunduh WhatsApp Aero

Meski fitur-fitur yang ditawarkan WhatsApp Aero terbilang lebih beragam dari WhatsApp original, keselamatan data pengguna merupakan hal utama.

Lewat situs resminya WhatsApp Aero mengklaim memiliki sistem keamanan end-to-end encryption. Namun tetap saja, aplikasi perpesanan ini bukan versi resmi dan tidak mendapat izin dari WhatsApp original sehingga cukup berisiko akun Anda di-banned.

Bahaya lain menggunakan WhatsApp MOD seperti Aero rentan terkena malware, sehingga berpotensi terjadi peretasan dan pencurian data-data pribadi Anda.

Usai mengenal WhatsApp Aero, disarankan pertimbangkan kembali dampaknya sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Bagaimanapun, para pakar keamanan siber telah mengingatkan untuk mengunduh aplikasi dari tempat yang resmi, karena sudah banyak temuan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Aero disusupi malware atau spyware.

Itulah beberapa fitur unggulan WhatsaApp Aero dan bahayanya. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, ada baiknya untuk berfikir panjang dan mengenali resikonya terlebih dahulu.

Editor : -

Tag : #whatsapp aero    #fitur wa aero    #bahaya wa aero   

Baca Juga