Bacaan Doa Arwah Islam Ayah dan Ibu (Foto : Parboaboa/Halima)

Bacaan Doa Arwah Islam Ayah dan Ibu Arab, Latin, dan Terjemahannya

Halima | Pendidikan | 28-09-2022

PARBOABOA - Berikut bacaan doa arwah untuk almarhum ayah dan ibu penting untuk dihafalkan, agar sewaktu-waktu kamu sudah bisa melafalkannya setiap kali dibutuhkan. Bacaan doa arwah biasanya dilantunkan kepada keluarga, kerabat, atau orang terdekat yang telah meninggal.

Tujuan dari membacakan doa arwah ini adalah agar arwah orang-orang yang telah berpulang tersebut dapat beristirahat dengan tenang dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Bahkan dalam hadist riwayat imam muslim pun, dinyatakan bahwa sesungguhnya saat manusia meninggal dunia terputuslah amalnya kecuali tiga hal, yakni amal jariyah, ilmu bermanfaat, dan doa anak saleh. Untuk itu, mengirimkan doa arwah kepada yang telah meninggal akan membantunya meningkatkan amal.

Terdapat dua bacaan doa arwah yang wajib untuk diketahui dan dihafalkan. Yang pertama adalah bacaan doa arwah lengkap untuk ibu, dan bacaan doa arwah lengkap untuk ayah.

Doa Arwah untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Dalam berbakti kepada ibu yang telah meninggal, seorang anak dapat mendoakannya melalui doa arwah latin di bawah ini :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlaha warhamha wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wa wassi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a’idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ya Tuhanku ampunilah dia, dan berikanlah rahmat untuknya, selamatkanlah dirinya, maafkanlah dirinya seta tempatkanlah dia di tempat yang mulia (surga), perluaslah kuburannya, mandikan dirinya dengan air dari salju serta dari es. Bersihkan dirinya dari seluruh kesalahan seperti Engkai membersihkan baju-baju yang putih dari kotoran, lalu berilah rumah yang jauh lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah dirinya keluarga yang lebih baik daripada yang ia miliki di dunia, pasangkanlah dia dengan yang lebih baik dariapada pasangan yang ia miliki di dunia, serta masukanlah dia ke surga dan jagalah dia dari siksa kubur dan siksa api neraka. "

Doa Arwah untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Mendoakan seorang ayah yang sudah meninggal merupakan salah satu perbuatan berbakti kepada seoarang ayah. Berikut ini doa arwah latin untuk ayah yang sudah meninggal :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa dapat dibaca dan ditujukan kepada seorang ayah yang telah meninggal dunia. Selain itu juga dapat dipanjatkan untuk seoarang muslim laki-laki yang telah meninggal dunia.

Demikianlah rangkaian doa arwah untuk ayah dan ibu yang sudah meninggal dunia dan beberapa umat muslim lainnya. Semoga beranfaat!

Tag : #doa    #arwah    #pendidikan    #islam    #ayah    #ibu   

Baca Juga