Profil dan Biodata Charly Van Houten (Foto: Instagram/@charly_setiaku)

Profil dan Biodata Charly Van Houten, Lengkap dengan Nama Asli, Agama, Umur, Perjalanan Karier

Sari | Biografi | 28-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Berikut ini adalah profil dan biodata Charly Van Houten, lengkap dengan nama asli yang banyak dipertanyakan. Musik bergenre pop Melayu yang dibawakannya bersama band ST 12, membuat nama Charly masuk dalam deretan musisi papan atas tanah air.

Membahas tentang Charly Van Houten, musisi asal Jawa Barat ini memiliki segudang karya. Awal kemunculannya di dunia hiburan tanah air, Charly merupakan seorang vokalis dari band bernama ST 12. Sosoknya menjadi idola baru karena suaranya yang khas, serta aksi panggungnya yang menarik penggemar untuk ikut larut dalam alunan musik yang dibawakannya.

Kepiawaiannya dalam memainkan beberapa alat musik membuat Charly menjadi salah satu penyanyi yang mampu menciptakan lirik lagu yang easy listening. Beberapa pesohor tanah air, pernah dibuatkan lagu olehnya.

Bagaimana perjalanan hidupnya sampai bisa seperti sekarang? Buat yang penasaran dengan sosoknya, yuk simak biodata Charly Van Houten yang sudah Parboaboa rangkum dari beberapa sumber.

Profil Charly Van Houten

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral kabar ada oknum yang mengubah biodatanya di laman Wikipedia. Beberapa netizen mempertanyakan nama asli dari sang vokalis tersebut setelah Wikipedia membuat nama aslinya menjadi Muhammad Casmali Parli.

Charly mengungkapan nama aslinya yang disematkan kedua orang tuanya di akta kelahiran adalah Muhammad Charly Van Houten, ia juga menegaskan tidak pernah memiliki nama Muhammad Casmali Parli.

Charly Van Houten lahir di Cirebon, 5 November 1982. Lahir dari pasangan Soegendri dan Toethe Hartika. Masa kecilnya dihabiskan di kota udang, hingga akhinya ia merantau ke Bandung untuk menyelesaikan pendidikan di Jurusan Seni Universitas Pasundan Bandung tahun 2000.

Bakat bermusiknya sudah terlihat saat Charly duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Saat itu, ia mulai tertarik belajar bermain gitar, bakat seni yang dimilikinya turun dari sang nenek yang merupakan seorang sinden.

Saat usianya baru 16 tahun, Charly Van Houten bersama dengan temannya membentuk sebuah band. Mereka menyusuri panggung dari satu kafe ke kafe. Bakat ini terus ia kembangkan sampai saat merantau ke kota Kembang, Bandung.

Biodata Charly Van Houten

Nama Lengkap : Muhammad Charly Van Houtten

Nama Panggilan : Charly

Tempat dan Tanggal Lahir : Cirebon, 5 November 1982

Usia : 39 Tahun (Saat artikel ini diterbitkan)

Zodiak : Scorpio

Agama : Islam

Istri : Shinta Regina

Anak : Mohammad Restu Gibhran Van Houten, Asmaranacha Manunggaling Gaula Gusti Kaula

Orang Tua : Soegendri (Ayah), Toethe Hartika (Ibu)

Pekerjaan : Penyanyi, Aktor, Composer, dan Produser

Grup Band : ST12 (2004-2012), Setia Band (2012-Sekarang)

Genre Musik : Pop Melayu

Instrumen : Gitar Vokal

Label : Trinity Optima Production dan MSI Record

Akun Instagram: @charly_setiaku

YouTube : CHARLYKUSTIK

Biodata Charly Van Houten - Album bersama ST 12

  • Jalan Terbaik (2005)
  • P.U.S.P.A (2008)
  • P.U.S.P.A Repackage (2009)
  • Pangeran Cinta (2010)

Album bersama Setia Band

  • Satu Hati (2012)
  • Menggapai Istana Bintang (2015)
  • Bintang Kehidupan (2017)
  • Menanti Matahari Terbit (2019)

Film

  • Jangan Menangis Sinar (2013)
  • Surga di Telapak Kakimu, Ibu (2013)

Sinetron

  • Aku Masih Sayang
  • Tangisan Isabella
  • Nada-Nada Cinta Charly

Acara Televisi

  • Mikrofon Impian

Biodata Charly Van Houten – Perjalanan Karier

Karier bermusik Charly secara profesional dimulai ketika dirinya bertemu dengan Ilham Febry atau Pepep dan Iman Rush atau Iman di Bandung. Ketiganya sepakat untuk membentuk grup band bernama ST 12.

Nama unik yang mereka pilih terinspirasi dari nama sebuah jalan di daerah Bandung yaitu Jalan Stasiun Timur Nomor 12. Saat itu, di Indonesia belum populer genre pop melayu, karena ingin tampil berbeda, ketiganya nekat mengusung genre tersebut.

Lewat band ST 12, ketiga musisi ini melahirkan lagu-lagu yang begitu hits, seperti Biarkan Aku Jatuh Cinta, Cari Pacar Lagi, Saat Terakhir, dan Isabella, yang membuat nama Charly tak lagi dipandang sebelah mata.

Sayangnya band yang telah membesarkan namanya ini tidak bertahan lama. Konflik internal yang mereka enggan menceritakan sebabnya, membuat Charly dan Pepep hengkang dari ST 12. Tak ingin karier bermusiknya hancur, bersama dengan Pepep, Charly kembali bangkit menggawangi Setia Band sampai sekarang. Lagu pertama yang mereka rilis pada tahun 2012 berjudul Satu Hati.

Kehidupan Asmara

Pada tahun 2004, Charly menikahi seorang wanita cantik yang kini telah memutuskan untuk berhijab bernama Regina Irawan. Dari pernikahan tersebut, Charly dikarunia sepasang anak bernama Mohammad Restu Gibhran Van Houten dan Asmaranascha Manunggaling Gaula Gusti Kaula.

Rumah tangga yang mereka bangun selama 18 tahun tak sepenuhnya berjalan mulus. Beberapa kali kehidupan Charly diuji, seperti namanya pernah menjadi tersangka atas kasus penipuan. Namun, seiring berjalannya waktu kedua pasangan ini tetap terlihat harmonis.

Sekarang sudah tidak penasaran lagi kan siapa nama asli Charly Van Houten. Meskipun kehidupan mantan vokalis ST 12 ini tidak berjalan mulus, namun berbicara soal penggemar, Charly memiliki penggemar fanatik bernama Setiaku.

Tag : #charly van houten    #ST12    #biografi    #setia band    #nama asli charly    #umur    #agama   

Baca Juga