Bjorka Bocorkan 3,2 Miliar Data Pengguna PeduliLindungi, Luhut dan Johnny G Plate Disenggol

Rini | Nasional | 15-11-2022

Bjorka jual data pengguna PeduliLindungi di BreachForums (Foto: Tangkapan layar breached.to)

PARBOABOA, Jakarta – Hacker Bjorka membuktikan ucapannya untuk membocorkan data PeduliLindungi. Melalui sebuah unggahan di BreachForums, hacker asal Polandia ini menjual 3,2 miliar data pengguna PeduliLindungi seharga USD100 ribu atau Rp1,5 miliar (Kurs USD1 sama dengan Rp15.000) pada Selasa (15/11/2022).

Bocoran data itu mencakup 48 Gigabyte data terkompresi (compressed), 157 GB data tak terkompresi (uncompressed), dengan total 3.250.144.777 data, yang terdiri dari data pengguna (Users) sebanyak 94 juta, akun yang diurutkan (Account Sorted) 94 juta, data vaksinasi (Vaccination) 209 juta, riwayat check-in 1,3 miliar, riwayat pelacakan kontak (Contact Tracing History) 1,5 miliar.

Data tersebut terdiri dari nama, email, NIK, nomor telepon, tanggal lahir, Device ID, status COVID-19, catatan check in, catatan contact tracing, dan vaksinasi.

Untuk membuktikan keaslian data yang diperjualbelikannya itu, Bjorka menyertakan sampel data dalam unggahannya. Namun menariknya, kali ini Bjorka menjadikan data Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Deddy Corbuzier sebagai sample.

"Data sampel yang ditunjukkan di bawah juga termasuk data milik Johnny G Plate, Luhut Binsar Pandjaitan dan Deddy Corbuzier," tulisnya dalam bahasa Inggris, dikutip Selasa (15/11/2022).

Dengan adanya kebocoran data ini, maka Luhut dan Jhonny sudah dua kali menjadi korban Bjorka. Sebelumnya pada Senin (12/10/2022), melalui akun Telegramnya, Bjorka menyebarkan identitas pribadi Luhut Binsar Pandjaitan yang terdiri dari nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), agama, dan lainnya.

Dari data yang bocor tersebut terungkap jika Luhut baru menjalani dua kali vaksinasi Covid-19 dan belum booster. Namun hal ini segera dibantah oleh Menkomarves itu dan mengatakan dirinya sudah 4 kali vaksin.

Sementara itu, data milik Menkominfo Johnny G Plate dibocorkan Bjorka tepat dihari ulang tahunnya pada Sabtu (10/10/2022), mulai dari alamat, agama, NIK, KK, golongan darah, pendidikan, ID vaksinasi, hingga nama orang tua dan istrinya.

Tag : #bjorka    #kebocoran data    #nasional    #kominfo    #pedulilindungi    #luhut binsar panjaitan   

Baca Juga