Angkot yang hancur karena ditabrak kereta api di Medan (dok Tribun Medan)

Bobby Nasution Minta Dishub Rutin Razia Angkot di Medan

Rini | Daerah | 10-12-2021

PARBOABOA, Medan - Kecelakaan angkutan kota (angkot) di Kota Medan mendapat sorotan dari Wali Kota Medan Bobby Nasution. Bobby meminta Dinas Perhubungan untuk melakukan razia angkot secara rutin, bahkan rencanya razia akan dilakukan sebanyak dua kali sehari.

"Sudah saya minta kemarin, mulai kemarin sore itu kita adakan razia, satu hari itu saya minta dua kali pagi dan sore," kata Bobby, Jumat (10/12).

Bobby juga meminta agar Dishub menindak sopir-sopir yang tidak sesuai standar, terlebih untuk sopir yang tidak berizin alias “sopir tembak”. Sopir-sopir tembak tersebut menurut Bobby kerap membuat gaduh dan melanggar aturan lalu lintas. Para sopir yang terjaring razia akan dilakukan tes urine untuk memastikan supir bekerja dalam keadaan sehat.

"Karena banyak kita temukan mulai dari yang bawa angkotnya, sopirnya ini tidak memenuhi standar, ada lagi sopir-sopir tembak ini yang ingin kita jaring kadang-kadang yang buat gaduh itu sopir-sopir tembak yang suka buat langgar lalu lintas dan nanti kita cek yang saya sampaikan kemarin kesiapan mental untuk mengendarai angkutan umum itu harus bisa kita pastikan," ujar Bobby.

Dalam catatan ada beberapa kecelakaan yang melibatkan angkot terjadi dalam minggu awal Desember. Pada Sabtu (4/12) sebuah angkot mencoba menerobos palang perlintasan kereta api di Jalan Sekip, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat padahal ada kereta yang akan melintas. Akibatnya empat orang penumpang angkot meninggal dunia.

Setelah diperiksa sopir angkot tersebut berinisial KM (43) ternyata mengendarai angkot dalam keadaan mabuk tuak, dan dari hasi tes urin KM juga terbukti menggunakan narkotika jenis sabu.

Kemudian kecelakan kembali terjadi pada Selasa (7/12) di Kecamatan Medan Labuhan. Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, namun beberapa penumpang mengalami luka.

Keesokan harinya pada Rabu (8/12) sebuah angkot menabrak truk kontainer yang sedang parkir di Jalan AH Nasution, Medan. Pada hari yang sama sebuah angkot kecelakaan tunggal di Jalan Komodor Laut Yos Sudarso Kilometer 18,3 Kecamatan Medan Labuhan. Kecelakaan tersebut membuat seorang ibu-ibu dan anak bayi terluka parah.

Tag : #bobby nasution    #walikota medan    #kecelakaan angkot di medan    #daerah   

Baca Juga