Mudah Banget! Begini Cara Membuat Instafest Spotify 2022

Wanovy | Teknologi | 29-11-2022

Instafest Spotify, foto: Gizmologi

PARBOABOA - Pengguna Spotify kini punya alternatif untuk untuk mengetahui penyanyi yang paling sering didengarnya.

Dengan memahami cara bikin Instafest Spotify, kamu bisa membuat festival musik dengan line up musisi yang kerap kamu dengar di Spotify.

Instafest akan menampilkan festival musik tiga hari dengan line up musisi yang disesuaikan berdasarkan frekuensi penyanyi yang paling didengar pengguna Spotify.

Semakin sering kamu mendengarkan penyanyi tertentu, ia akan muncul dengan ukuran yang paling besar di poster.

Instafest Spotify sendiri saat ini tengah viral di media sosial. Banyak netizen yang membagikan puncak gunung es Spotify di akunnya masing-masing.

Instafest 2022 ini mirip seperti Spotify Wrapped yang merangkum musisi favorit kamu sepanjang tahun dilihat dari frekuensi kamu mendengarkan lagunya.

Spotify Instafest 2022 banyak diunggah oleh netizen ke Twitter dan sempat mengecoh pengguna lain.

Pasalnya, tampilan Spotify Instafest 2022 ini mirip seperti line up konser November yang memang akhir-akhir tengah marak digelar.

Ada nama festival di bagian paling atas kemudian deretan musisi di bawahnya, bahkan ada hari dan tanggal tercantum di dalamnya.

Untuk membuat Instafest Spotify, kamu cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara menggunakan Instafest Spotify untuk membuat poster festival musik

  • Kunjungi link Instafest Spotify ini https://www.instafest.app/
  • Setelah itu, login akun Spotify di website tersebut dengan memasukkan username dan password.
  • Kemudian, pengguna bakal dimintai izin akses data publik atas akun Spotiffy miliknya oleh website “Instafest.app”.
  • Setelah diizinkan dan berhasil login, website “Instafest.app” bakal secara otomatis menyajikan daftar artis yang sering didengarkan dalam bentuk poster festival musik. Pengguna bisa mengganti tema dari poster festival musik itu.
  • Kemudian, bisa pula mengatur daftar artis yang termuat di poster berdasarkan intensitas mendengarkannya dalam kurun empat bulan terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang waktu.
  • Poster musik festival dari Instafest Spotify bisa diunduh dulu atau langsung dibagikan ke media sosial.

Cukup mudah bukan cara menggunakan Instafest Spotify untuk membuat poster festival musik?

Sebagai informasi tambahan, untuk membuat poster festival musik, Instafest Spotify dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify (Spotify API).

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify, seperti yang dilakukan oleh Instafest Spotify.

Supaya bisa mengambil data pengguna, layanan Instafest Spotify yang berbasis Spotify API perlu mendapat izin atau otorisasi dari pengguna.

Oleh sebab itu, pengguna diminta memasukkan akun Spotify sebagai bentuk otorisasi layanan.

Adapun data pengguna yang bisa diakses oleh Instafest Spotify saat telah diberikan izin antara lain adalah username Spotify, nama pengguna (ID) Spotify pengguna, foto profil, jumlah pengikut, playlist publik milik pengguna, dan daftar Top Artist.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat Instafest Spotify 2022 yang lagi viral. Selamat mencoba!

Tag : #instafest    #spotify    #teknologi    #tips    #apps    #music   

Baca Juga