Ketahui 5 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Juni | Otomotif | 11-10-2022

Ilustrasi Kaca Mobil (Foto: sampurasun.co.id)

PARBOABOA – Kaca mobil merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Fungsinya adalah sebagai pelindung dari panas dan hujan, serta menjadi salah satu faktor yang menjami keamanan dan kenyamanan berkendara.

Bagian mobil yang satu ini bisa saja berjamur jika tidak sering dibersihkan. Tak hanya merusak tampilan mobil saja, keberadaan jamur di kaca mobil juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan pengendara dan penumpangnya.

Penyebab utama munculnya jamur pada kaca mobil adalah udara lembab. Hal ini terjadi karena jendela mobil retak ataupun sunroof yang terbuka saat hujan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jamur di kaca mobil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Gunakan Pasta Gigi

Anda bisa menghilangkan jamur di kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida, kain microfiber, dan air. Oleskan pasta gigi ke permukaan kaca yang berjamur dan tunggu hingga mengering. Selanjutnya bilas dengan air bersih lalu lap sampai kering.

2. Gunakan Alkohol

Alkohol memiliki kandungan antiseptik atau disinfektan yang berguna untuk membunuh jamur yang membandel. Basahi kain bertekstur lembut dengan alkohol 70 persen, kemudian lap jamur di kaca mobil secara perlahan.

Ulangi beberapa kali hingga jamur di kaca benar-benar sudah hilang dan bersih. Namun pastikan Anda mengelapnya di tempat yang teduh dan menggunakan sarung tangan anti air.

3. Gunakan Soda

Soda juga diketahui sebagai salah satu bahan antijamur yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca mobil. Masukkan soda murni ke dalam botol semprotan kemudian aplikasikan bahan tersebut ke kaca mobil yang ditumbuhi jamur.

Gosok secara perlahan menggunakan kain microfiber dan ulangi proses yang sama beberapa kali hingga jamur benar-benar hilang.

4. Gunakan Cairan pemutih

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih. Bahkan cairan ini juga efektif membersihkan noda membandel di meja, tembok, ataupun lantai.

Caranya, larutkan sedikit pemutih ke dalam air, lalu teteskan campuran tersebut ke kain bertekstur lembut. Selanjutnya, gosokkan kain ke kaca mobil secara perlahan.

5. Gunakan Air Tembakau

Nikotin yang merupakan salah satu komponen aktif dari tembakau adalah bahan yang bisa digunakan sebagai racun pembunuh jamur. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan merendam daun tembakau dalam air selama kurang lebih 20 menit.

Kemudian, gunakan lap untuk mengaplikasikan cairan tersebut pada kaca mobil Anda. Selanjutnya, bersihkan dengan membilas menggunakan air bersih dan gosok dengan lap kering.

Itulah tadi lima cara untuk menghilangkan jamur di kaca mobil yang perlu diketahui. Dari beberapa bahan yang telah dijelaskan di atas, mana yang sudah pernah Anda coba?

Tag : #mobil    #kaca mobil    #otomotif    #jamur    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga