Ilustrasi Berdoa Sebelum Belajar (Foto : Merdeka.com)

Kumpulan Doa Belajar Pendek Dalam Islam, Lengkap Dengan Artinya

Mei | Pendidikan | 28-09-2022

PARBOABOA - Kita sebagai umat muslim pasti sudah diajarkan sedari dulu untuk membiasakan diri agar berdoa sebelum dan sudah melakukan aktivitas apapun itu, benar kan?

Beberapa aktivitas yang kalian lakukan mulai dari bangun hingga kembali tidur akan menjadi lebih afdhol lagi apabila dibarengi dengan doa.

Tak hanya sebatas ibadah saja, membaca doa akan membuat kita menjadi lebih tenang dan nyaman dalam menjalani rutinitas kita sehari-hari, seperti belajar misalnya.

Memulai aktivitas belajar dengan berdoa akan membuat kita jadi lebih fokus, sehingga pelajaran akan lebih mudah untuk dipahami.

Jadi, sudah tahu belum doa belajar islam? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahas mengenai doa belajar beserta artinya. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Doa Belajar Latin dan Artinya Sebelum Belajar

  •  “Bismillah Hirrahman Nirrahiim”.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

  • “Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.”

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik

  • “Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin”

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh

  • “Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

  • “Allahumman-fa’niy bimaa ‘allamtaniy wa ‘allimiy maa yanfa’uniy, wa zidniy ‘ilman”

Artinya: “Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku.”

  • “Allahumma Innii au’dzubika min i’lmi laa yanf’a, wamin qolbii laa yakhsya, wamin nafsyii laa tasyba’a, wamin dua’a in laa yus m’a”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).

  • “Allahumma Inniy As-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima."

  • “Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin”

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

  • Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Doa Sesudah Belajar

Tak hanya sebelum saja, sesudah belajar juga dianjurkan bagi kita untuk kembali membaca doa sebagai bentuk syukur kita kepada Allah berkat nikmat ilmu dan pemahaman yang diberikan.

Berikut ini doa belajar dan artinya yang dapat kalian lafaskan setelah belajar.

  • “Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla illa anta astaghfiruka waatubu ilaiikh”

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.

  • “Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

  • “Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

  • ‘Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu’

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan, sehingga kami dapat menjauhinya"

Tag : #pendidikan agama    #umat muslim    #pendidikan    #doa pendek    #doa    #belajar   

Baca Juga