Akhir Musim Panen, Harga Cabai Merah Di Sumut Mulai Turun!

Krisna | Daerah | 19-10-2022

harga cabai merah di Sumut mulai menurun (Foto: KabarMedan)

PARBOABOA, Medan - Harga cabai di Sumatera Utara akhir-akhir ini mulai menurun. Bahkan, di beberapa pasar di kota Medan menjual cabai merah di bawah harga Rp30 ribuan per kg.

Salah satu petani asal Deli Serdang, Relly mengatakan bahwa harga cabai merah di tingkat petani berada di kisaran Rp15 ribu per kg. Dia, mengatakan bahwa penuruan harga cabai merah ini telah terjadi seminggu terakhir ini.

“Jika di bawah harga 20 ribu kita masih rasakan dalam satu minggu ini. Namun normalnya di bulan september lalu masih seharga 38-43 ribu,” ujar Relly dilansir dari detikSumut, Rabu (19/10/2022).

Relly juga menuturkan bahwa penurunan harga cabai merah ini lantaran memasuki masa akhir panen. Selain itu, kualitas cabai Deli Serdang saat ini juga mengalami penurunan

“Musim panen cabai saat ini sudah mulai habis, sehingga menurun kualitasnya dan tidak mendapatkan kualitas super lagi. Cabai ini tinggal sisa panen lah, paling 2-3 kali panen lagi habis ini dalam seminggu ini. Setelah itu kita mulai menggarap lahan untuk mulai tanam lagi,” tuturnya.

Melihat fenomena ini, Ekonom Sumut Gunawan Benjamin menilai penurunan harga cabai merah dalam seminggu terakhir akan menyumbang kemungkinan deflasi.

“Harga cabai merah dan cabai rawit saat ini akan memberikan sumbangan deflasi di bulan ini. Dan secara keseluruhan sejauh ini pada bulan Oktober, kota di Sumut sangat condong untuk membentuk deflasi. Harga cabai itu sendiri juga jatuh pada titik rendah di bulan ini,” ujar Gunawan.

Terkait hal tersebut,  Gunawan menyarankan agar para petani bisa mengatur masa waktu hasil panen dan dapat berkerja sama dengan para pedagang besar.

“Dalam situasi seperti ini para pedagang besar memberikan arahan kepada petani berapa pasokan yang dapat dipenuhi per hari agar harga tidak terlalu murah dari biasanya. Karena pada saat ini saya melihat harga cabai mencapai titik yang sangat rendah di bulan ini. Sehingga saya harap harga titik rendah ini akan menyebabkan kerugian para petani nantinya,” pungkasnya.

Tag : #sumatera utara    #cabai merah    #daerah    #deli serdang    #medan    #deflasi   

Baca Juga