iPhone 14

Survei: Harga iPhone di Jepang Termurah di Dunia

Wanovy | Teknologi | 27-06-2022

PARBOABOA - Harga iPhone 13 di Jepang menjadi yang termurah sedunia setelah adanya penurunan mata uang Yen.

Dalam sebuah survei, iPhone dijual lebih murah 20 persen dari negara lain di seluruh dunia. Harga jual iPhone di Jepang menjadi yang terendah di 34 negara, menurut lembaga penelitian Moving Mobile dan Mobily Forward per 14 Juni.

Melansir dari Asahi, lembaga riset membandingkan harga langsung online iPhone 13 series yang dirilis pada September 2021 dengan model lainnya di berbagai negara.

Harga model iPhone 13 128GB di Jepang adalah 98.800 yen atau sekitar Rp10,8 juta, termasuk pajak.

Namun, harga rata-rata di luar Jepang adalah Rp11 jutaan. Selain iPhone, beberapa barang elektronik lain yang mengalami penurunan harga yakni iPad Pro, Apple Watch, Action Figure dan Lego.

Menurut hasil survei yang dipublikasikan 14 Juni 2022 itu, Jepang menjadi negara penjual iPhone dengan harga termurah sedunia.

Perlu diketahui, survei Moving Mobile dan Mobility Forward dipengaruhi oleh penurunan atau depresiasi tukar Yen terhadap mata uang asing.

Pelemahan Yen terhadap mata uang asing terjadi sejak tahun 2021 lalu. Yen telah melemah terhadap USD pada 2021 setelah 4 tahun berturut-turut sebelumnya stabil menguat.

Depresiasi mata uang Yen ini tak berpengaruh terhadap harga iPhone di Jepang, sehingga harga iPhone di Jepang tetap stabil. Ini membuat harga iPhone di Jepang itu menjadi lebih murah dibandinkan negara lainnya.

Bertolakbelakang dengan Jepang, Brasil menjadi negara penjual iPhone termahal di dunia.

Survei tersebut mengungkapkan bahwa Brasil menjual iPhone 13 128GB denagn harga Rp 22,6 juta.

Sebagai perbandingan lain, harga iPhone 13 128GB di negara Amerika Serikat berkisar di angka Rp 12,7 juta. Sementara di Indonesia sendiri iPhone 13 128GB dibanderol dengan harga Rp 15,1 juta.

Pelemahan Yen ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun lalu. Yen telah melemah 10 persen terhadap dollar AS pada 2021, setelah empat tahun berturut-turut sebelumnya stabil menguat.

Di tengah depresiasi Yen ini, harga iPhone di Jepang masih tidak berubah. Ini membuat harga iPhone di Negeri Matahari Terbit itu menjadi relatif lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Sebagai perbandingan lain, harga iPhone di negara asalnya Amerika Serikat adalah 116.477 yen atau kira-kira Rp 12,7 juta.

Perlu dicatat, hasil survei ini menggunakan nilai tukar yen per 1 Juni 2022. Alhasil, harga yang dicantumkan dalam laporan Moving Mobile and Mobility Forward bergantung pada kekuatan nilai tukar mata uang asing terhadap yen Jepang pada 1 Juni 2022.

Tag : #iphone    #apple    #gadget    #jepang    #iphone13   

Baca Juga