Instagram Down, Jutaan Akun Kena Suspend Mendadak

Penulis : Wanovy | Teknologi | 01-11-2022

Ilustrasi

PARBOABOA - Belum lama ini WhatsApp tumbang selama hampir dua jam, kini giliran Instagram Down. Banyak pengguna melaporkan akunnya di-suspend.

Layanan Instagram down/error pada Senin (31/10/2022) malam kemarin, mulai sekitar pukul 20.40 WIB.

Sejumlah pengguna Instagram melaporkan akun mereka kena suspend atau penangguhan akun, dan tidak bisa login.

Selain itu, ada juga pengguna Instagram yang mengeluh tidak bisa melihat postingan Instagram Stories di linimasa/timeline mereka. Keluhan lain dari pengguna adalah jumlah follower yang tiba-tiba berkurang drastis.

Melansir dari situs Downdetector, Instagram error dilaporkan di sejumlah negara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, sebagian Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, dan sebagainya.

Menurut pantauan Bisnis, sebanyak 12.700 lebih tweet sudah mengeluhkan penangguhan akun tersebut dengan tagar #instagramdown

"Kami menangguhkan akun Anda pada 31 Oktober 2022," peringatan itu ditampilkan oleh sejumlah warganet.

Selain itu, lonjakan laporan diketahui oleh situs Down Detector sekitar pukul 13.30 GMT. Sayangnya, hingga saat ini pemilik Instagram Meta belum mengatakan apa dibalik masalah ini.

Seperti dialami Asep, warga Kalibata. Dia terkejut tiba-tiba akunnya ditangguhkan oleh Instagram.

"Padahal saya jarang buka Instagram dan postingan saya pun tidak ada yang melanggar aturan. Tapi saat tadi membuka Instagram langsung dapat notifikasi di-suspend," ujarnya kepada detikINET.

Rupanya Asep tidak sendiri, netizen pun ramai melaporkan hal yang sama di Twitter. Mereka kaget akunnya tidak bisa diakses seolah habis melanggar aturan Instgram.

"GUA PIKIR GUA DOANG YANG IG HILANG TERNYATA BANYAK," ujar akun @nadwoinad kesal.

"Instagram why? Gue cuma lg nonton live loh tbtb muncul begini #instagramdown," terang akun @xxjinjeonjk sembari melampirkan screenshot akunnya tengah dilakukan peninjauan.

'#instagramdown busyet, kaget tiba2 ke logout dari account, dan kena suspend. Kirain attempt hijack atau gimana. Ternyata emang lg ada issue," kata akun @bangfattt.

"Tolong balikin akun instagram gw kesemula ya nnti, soalnya akun utama gw yg ke suspend nya mana banyak foto ayang #instagramdown," harap akun @shxxzee.

Saking banyaknya yang melapor, tagar #InstagramDown menjadi trending topic Twitter Indonesia. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Sejauh ini, belum diketahui apa yang menjadi penyebabnya.

Editor : -

Tag : #instagram    #suspend    #teknologi    #apps    #instagram down   

Baca Juga