Jokowi: TNI Tetap Tingkatkan Profesionalitas di Tengah Tantangan Bangsa dalam Bela Negara

Penulis : Apri Siagian | Nasional | 05-10-2022

Jokowi memimpin upacara HUT ke-77 TNI di Istana ( YouTube Setpres)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin upacara peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam pidatonya ia meminta TNI tetap meningkatkan profesionalitas di tengah tantangan bangsa.

"Di tengah tantangan bangsa yang sangat kompleks saya minta TNI harus tetap meningkatkan profesionalitasnya, TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force," ujar Jokowi dalam pidatonya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (05/10/2022).

Selain itu, Jokowi juga meminta TNI harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman dan selalu bertindak dengan profesional. Ia juga mengingatkan pembangunan kekuatan perlu dilakukan selaras dengan pembangunan nasional, supaya program bela negara dapat dilanjutkan sesuai dengan prinsip demokrasi.

"Jadilah garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman setiap tantangan setiap hambatan dan gangguan, bersikap dan bertindak secara profesional sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta TNI harus memegang teguh jati diri sebagai tentara profesional. Sebab, masyarakat dan bangsa Indonesia menaruh harapan besar kepada TNI.

"Pemerintah, masyarakat, bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tetap bekerja sama, supaya bisa mensukseskan berbagai agenda nasional kedepannya.

“Saya minta kepada jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi mensukseskan berbagai agenda nasional ini. Dukung agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia atau TNI Letnan Jenderal Eko Margiyono sudah menjelaskan terkait rangkaian kegiatan hari ini. 

Setelah upacara, kata Eko, Presiden Jokowi akan menyaksikan beberapa atraksi pesawat TNI Angkatan Udara. Akan ada ada fly pass pesawat tempur F16 yang melintasi istana dan aksi helikopter yang membawa giant flag dan dilanjutkan atraksi akrobatik dari jupiter yang merupakan pasukan TNI angkatan udara.

Kemudian, Presiden juga akan melakukan “video conference” dengan pasukan TNI untuk menyapa para prajurit TNI yang bertugas di perbatasan.

Berikutnya, Jokowi keluar menuju ke depan Istana, di mana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur terbaru milik TNI. Setelah itu, Jokowi menuju ke panggung dan menerima defile pasukan dan alutsista.

"Di mana nanti di pasukan, ada drumbandnya juga, kemudian setelah itu pasukan yang ikut upacara dan defile ranpur (kendaraan tempur) sebanyak 63," kata Eko.

Editor : -

Tag : #tni    #hut tni    #nasional    #hut ke-77    #jokowi    #polri    #eko margiyono    #   

Baca Juga