Longsor Bahu Jalan Besar Sidamanik Kian Melebar, Pemerintah Tak Kunjung Lakukan Perbaikan

Patrick | Daerah | 03-12-2022

Longsor di Bahu jalan besar Sidamanik, Kabupaten Simalungun (Foto: hariansib)

PARBOABOA, Simalungun - Bahu jalan besar Sidamanik, Desa Kebun Sayur, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun kian melebar hingga setengah badan jalan tidak bisa digunakan dan dilewati kendaraan.

Seorang warga yang tinggal dekat dengan jalan longsor Situmorang mengatakan, longsor tersebut sudah lama terjadi sekitar dua tahun yang lalu dan sudah lama tidak diperhatikan pemerintah.

“Ini dulu tidak lebar, tapi semakin melebar karena terus menerus tergenang air,”ucap Situmorang.

Menurutnya, jalan tersebut akan semakin melebar karena aliran air yang terus mengalir di lokasi tersebut.

“Ini kan memang aliran air, jadi jika tidak segera diperbaiki maka bisa jadi semua jalannya ikutan longsor,” ucapnya.

Sebelumnya, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun telah turun ke lokasi dan mengukur bahu jalan yang amblas atau longsor tersebut. Namun pengukuran tersebut belum dilakukan oleh Pemkab Simalungun. 

“Sudah lama diukur, tapi sampai sekarang belum dikerjakan, tidak ada realisasi,”ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Nasdem Bernhard Damanik mengatakan bahwa pihaknya telah memberitahukan dan mengusulkan agar Pemkab Simalungun segera melakukan perbaikan bahu jalan yang amblas di Desa Kebun Sayur. 

“Sudah kita usulkan beberapa waktu lalu ke BPBD, kita berharap agar segera dilakukan perbaikan agar tidak semakin parah,” ucap Benhard Selasa (18/10/2022) lalu.

Tag : #sidamanik    #desa kebun sayur    #daerah    #simalungun    #bpbd simalungun    #bencana alam    #berita siantar hari ini    #simalungun hari ini   

Baca Juga