10 Makanan Khas Garut Paling Enak dan Terfavorit

Penulis : Wanovy | Travel | 02-09-2022

Makanan khas Garut/Burayot, foto: Tokopedia.com

PARBOABOA, Garut - Makanan khas Garut tak hanya melulu dodol. Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Sumedang, Bandung, Majalengka, dan Bandung. Jika mendengar Garut, makanan yang pertama terlintas pasti adalah dodol.

Dodol memang menjadi makanan yang sangat terkenal di Garut. Makanan khas Garut ini bahkan dikenal di seluruh penjuru Nusantara.

Dodol Garut sudah lama dan sering menjadi buah tangan para pelancong. Namun selain dodol, masih banyak Makanan Khas Garut yang tak kalah memanjakan lidah.

Makanan khas Garut umumnya terpengaruh oleh kuliner Sunda. Ada banyak jenis makanan khas Garut mulai dari makanan berat, kue, hingga camilan untuk oleh-oleh. Makanan khas Garut ini juga punya keunikan sendiri yang tak dimiliki makanan lainnya.

Makanan khas Garut ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh selain dodol. Berikut 10 makanan khas Garut selain dodol, yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Dodol garut

Untuk daftar makanan khas Garut yang pertama ini pastinya kamu sudah tau bahwa dodol merupakan makanan yang sangat terkenal dari Garut.

Kamu bisa mencoba banyak sekali varian dan dari dodol Garut seperti dodol wijen, dodol nangka, dodol durian, dodol kacang dan masih banyak lagi.

Tidak lupa dodol piknik yang merupakan merek dodol Garut yang sangat terkenal dan mungkin bisa kalian temukan di kota kalian sendiri.

2. Soto Garut

Soto menjadi kuliner khas Indonesia dengan beragam cita rasa. Tiap daerah bisa memiliki kuliner sotonya sendiri, tak terkecuali Garut.

Soto Garut merupakan soto ayam dengan cita rasa gurih dan rempah yang kuat. Tak seperti soto ayam yang bening, soto ayam Garut memiliki kuah pekat karena campuran santannya.

Soto Garut biasanya disajikan bersama taburan kedelai goreng dan disantap bersama nasi hangat.

3. Sajian Awug

Ketika mengunjungi Garut jangan lupa untuk menikmati awug yang terkenal di beberapa daerah Sunda.

Makanan yang terbuat dari tepung beras ini sangat wajib untuk dinikmati, terutama bagi kamu yang menyukai makanan manis.

Pengolahannya akan memakan proses yang lumayan lama. Nantinya awug akan diberikan isian gula merah ketika awug masih dalam keadaan panas.

4. Burayot

Kue khas Garut yang populer dan cukup mudah kamu temui adalah Burayot. Berbahan dasar tepung beras, kacang tanah, dan juga gula merah, makanan khas Garut satu ini termasuk panganan tradisional yang teknik pembuatannya cukup sulit dan membutuhkan waktu cukup panjang.

Untuk bisa menikmati Burayot yang masih hangat dan lezat, cobalah cari kuliner khas Garut ini di pasar-pasar tradisional di Garut. Cita rasa manis khas Burayot dijamin bakalan manjakan lidahmu.

5. Emplod Garut

Emplod ini juga sering dikenal dengan nama endog lowo. Nama tersebut memiliki arti telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Adapun bahan dasar makanan khas Garut satu ini adalah singkong yang sudah digulung serta diperas.

Setelah itu prosesnya didiamkan kurang lebih 24 jam. Manakala proses tersebut sudah selesai maka dilanjutkan dengan mencampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu. Emplod ini memiliki ukuran kecil.

Bulatan kecil tersebut kemudian dibentuk sebesar kelerang setelah itu digoreng. Manakala mengunjungi Garut maka jangan lupa untuk membeli Emplod di toko oleh-oleh khas Garut.

6. Ladu

Makanan khas Garut berikutnya adalah ladu. Makanan ini mempunyai tekstur yang sama dengan dodol.

Namun, bentuknya lebih kasar dan keras. Ladu terbuat dari bahan dasar tepung ketan berwarna putih. Ladu terolah bersama campuran gula aren dan parutan kelapa.

Rasa manis yang tidak terlalu dominan memberikan perbedaan dengan dodol. Tekstur ladu yang renyah memberi rasa yang unik.

Di Garut, Ladu memiliki nama lain malangbong. Produsen Ladu dapat kamu temui di toko oleh oleh yang tersebar di Garut.

7. Wajit Cisompet

Makanan khas Garut yang satu ini terbuat dari ketan berkualitas unggul yang dicampur dengan santan dan gula merah.

Di Jawa Barat, wajit yang cukup terkenal adalah wajit Cililin. Meskipun begitu ada jenis wajit lain yaitu wajit Cisompet khas Garut yang teksturnya legit dan unik.

Wajit Cisompet ini ukurannya lebih besar dan dibungkus menggunakan daun pelepah kawung atau daun aren.

Seperti namanya, wajit Cisompet banyak dijumpai di Kecamatan Cisompet setelah kamu mengunjungi Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang.

8. Dorokdok

Dorokdok merupakan kerupuk kulit yang ada di Kota Garut. Kenapa dinamakan dorokdok? Karena ketika dikunyah oleh gigi menimbulkan suara dorok dok dorok dok.

Bahan utama dari dorokdok seperti kerupuk kulit pada umumnya yaitu kulit sapi. Nah, bagi kalian pencinta kerupuk terlebih kerupuk kulit bisa membeli makanan yang satu ini.

9. Nasi Liwet Domba Garut

Nasi Liwet Domba Garut Nasi liwet dibuat dari bumbu dan rempah, seperti cabai, bawang putih, minyak kelapa, daun salam, garam, serai, dan lengkuas.

Di Garut, nasi liwet biasa disajikan dengan olahan domba Garut, seperti sate domba, gepuk domba, dan bistik domba.

10. Es Goyobod

Puas menyantap berbagai makanan khas Garut, lepas dahagamu dengan menyantap Es Goyobod, es campur-nya Garut.

Terbuat dari berbagai jenis bahan mulai dari buah, potongan roti, hingga manisnya gula aren dan segarnya kelapa muda membuat Es Goyobod bisa jadi hidangan penutup yang pas menemani beragam makanan khas Garut sebelumnya.

Itulah 10 makanan khas Garut yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi ketika sedang berkunjung ke garut. Happy holiday!

Editor : -

Tag : #wisata garut    #garut    #travel    #tempat wisata    #jawa barat    #kuliner garut   

Baca Juga