Pengertian seni rupa terapan (Foto: Parboaboa/Wulandharahap)

Pengertian Seni Rupa Terapan Lengkap dengan Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Wulan | Pendidikan | 07-10-2022

PARBOABOA – Kamu pasti pernah melihat karya seni rupa yang memiliki fungsi praktis di kehidupan sehari-hari. Karya seni itulah yang masuk ke dalam jenis karya seni rupa terapan atau applied art yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk piring, gelas, vas bunga, keranjang, dan sebagainya.

Selain memiliki nilai estetika, seni rupa terapan juga memiliki nilai fungsi yang tinggi dalam kehidupan sesorang. Jika kamu mengetahui leih dalam tentang seni rupa terapan bisa simak artikel ini samapi selesai:

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah salah satu jenis karya seni rupa yang diciptakan dengan tujuan utama memberi nilai fungsi atau nilai guna sebagai benda dibandingkan nilai estetisnya. Itulah yang menjadi penyebab seni rupa memiliki nama lain applied art ini banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-har karena tidak hanya memiliki fungsi estetis saja, melainkan juga fungsi praktis. Jadi seni rupa ini bisa memenuhi kebutuhan dalam aktivitas kesaharian kita.

Berdasarkan dari makna katanya, terap ini berarti penerapam atau perwujudan dalam praktis yang sifatnya aplikatif. Sifat aplikatif pada karya seni merupakan pengaplikasian bentuk-bentuk fungsional untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Adapun contoh fungsional tersebut antara lain pakaian, perabotan rumah tangga, perlengkapan makan, perlengakapan ibadah, sampai perlengkapan pertunjukan.

Dalam penciptaan karyanya, seni rupa terapan biasanya dimulai dengan proses perancangan atau desain. Itu sebabnya istilah desain sebenarnya juga berkaitan dengan seni rupa teraan yang melingkupinya secara luas, termasuk di dalamnya pula kriyam arsitektur, dan sebagainya. Jadi dalam seni terapan juga memiliki berbagai macam jenis karya dengan nilai fungsinya.

Fungsi Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa menjadi salah satu unsur budaya tentu memiliki fungsi dalam kehidupan manusia, baik itu untuk kebutuhan lahir atau batin seseorang. Dalam praktiknya, karya seni rupa akan terus lestari jika fungsi-fungsinya masih melekat dalam pemaknaan seseorang.

Bahkan satu karya seni rupa bisa memiliki lebih dari satu fungsi dalam penciptaannya. Berikut ini fungsi karya seni rupa terapan yang perlu kamu ketahui agar bisa menikmati dan memaknai karya seni rupa dengan maksimal:

1. Fungsi Individual

Setiap manusia memiliki unsur psikis dan fisiknya masing-masing, di mana hal tersebut bisa merasakan fungsi karya seni secara individual atau pribadi. Fungsi individual dalam unsur fisik dapat berupa pemenuhan kebutuhan seperti pakaian, peralatan makan, rumah,  transportasi, dan sebagainya. Sedangkan fungsi individual dalam unsur psikis atau emosional dapat berupa kenyamanan dan kesenangan saat menggunakan benda seni tersebut.

2. Fungsi Sosial

Karya seni terapan memiliki fungsi sosial, di mana hal tersebut bisa dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang atau lingkungan tertentu. Dalam praktiknya, fungsi sosial karya seni dapat terwujud dalam beberapa bentuk seperti berikut ini:

- Sebagai rekreasi atau hiburan

- sebagai sarana komunikasi

- sarana pendidikan atau edukasi

Macam-macam Jenis Seni Rupa Terapan dan Contohnya

Setelah membahas tentang pengertian dan fungsi seni rupa terapan, kamu pasti sudah bisa menemukan beberapa benda yang merupakan jenis seni terapan di lingkungan sekitar. Berikut ini macam-macam jenis seni rupa terapan dan contohnya yang bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Desain

Seni desain merupakan jenis karya yang mencakup perancangan gambar hingga benda pakai yang diterapkan untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis karya ini mungkin hanya bisa kita jumpai pada sang pencipta atau orang yang membuat sebuah karya terapan tersebut. Contoh jenis seni terapan desain antara lain, desain produk, desain brosur, desain kemasan, dan sebagainya.

2. Arsitektur

Selanjutnya adalah Arsitektur, salah satu seni terapan untuk merancang sebuah bangunan tertentu, baik secara estetis maupun fungsinya. Perlu kamu ketahui, hunian-hunian yang mungkin sekarang kalian huni adalah hasil dari seni terapan. Selain itu bangunan atau monumen-monumen bersejarah di Indonesia juga menunjukan seni terapan yang luar biasanya.

Adapun contoh seni terapan dalam bidang arsitektur milik Indonesia yang terkenal adalah candi Borobudur dan beberapa peninggalan candi-candi lainnya yang menjadi bukti sejarah seni arsitektur Indonesia yang sangat luar biasa.

3. Kriya Terapan

Seni terapan berbentuk kriya adalah bentuk karya seni yang dibuat dengan keterampilan dan kerajinan tangan yang memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya. Itulah sebabnya banyak produk hasil seni kriya yang memiliki nilai guna tinggi kemudian bisa digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh seni terapan jenis kriya adalah berbagai macam keramik, seperti piring keramik, gelas keramik, vas keramik, asbak keramik, teko keramik, dan sebagainya.

4. Pakaian Dan Perlengkapan Busana

Perlu kamu ketahui bahwa pakaian yang kita pakai sehari-hari adalah hasil seni terapan yang bisa jadi paling popular yang akhirnya berkembang menjadi bidang fashion yang terus berkembang. Indonesia memiliki beragam seni terapan dalam bentuk pakaian mulai dari tradisional yang sudah ada sejak dahulu sampai perkembangan busana modern. Contoh pakaian tradisional Indonesia adalah pakaian adat daerah yang mungkin sudah jarang dipakai namun masih tetap dilestarikan.

5. Gambar Ilustrasi

Ilustrasi adalah bentuk gambar-gambar petunjuk untuk memberikan konteks lebih terhadap penjelasan teks. Dalam praktiknya ilustrasi dapat ditemukan dan digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti surat kabar, iklan, poster, maupun karya seni pendukung lainnya. Karya ilustrasi dapat dikatakan karya murni yang kemudian bisa dimaksimalkan menjadi karya terapan yang lebih berguna.

Dalam prosesnya, ilustrasi juga memerlukan desain grafis yang proporsional agar menghasilkan karya yang diinginkan. Contohnya poster atau plakat yang menjadi salah satu karya seni atau desain grafis dengan komposisi gambar dan huruf pada kertas berukuran besar dengan tema tertentu.

6. Patung Terapan

Beberapa bentuk patung bisa menjadi seni terapan saat diciptakan dengan tujuan tertentu secara fungsional.  Contohnya patung yang mengilustrasikan sesuatu di zaman dahulu untuk memberikan gambaran atau pengetahuan keadaan di zaman dahulu, seperti patung manusia zaman purba di museum, monumen- monumen nasional, dan sebagainya.

Nah, itulah penjelasan tentang karya seni rupa terapan, mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis lengkap dengan contoh-contohnya. Sahabat PARBOABOA.COM pasti sudah tidak asing kan dengan contoh karya seni terapan di sekitar lingkungan? Kita dapat dengan mudah menemukan barang-barang hasil karya seni rupa terapan dalam kebutuhan sehari-hari. Jadi sebenarnya kehidupan manusia itu memang tidak bisa jauh-jauh dari nilai-nilai estetis untuk dan keterampilan dalam seni rupa. 

Tag : #seni rupa terapan    #pengertian seni rupa terapan    #pendidikan    #contoh seni rupa terapan    #fungsi   

Baca Juga