Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP PHOTO/Anatoly Maltsev)

Penjelasan Terkait Vladimir Putin Beri Perhatian Khusus Pada Ferdy Sambo, Teryata Keliru!

Wulan | Internasional | 25-08-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat alias Brigadir J yang menyerat nama Eks Kadiv Propam Mabes Polri Ferdy Sambo sebagai tersangka utama tak luput dari perhatian publik.

Hampir dua bulan sejak peristiwal awal, kasus tersebut masih ramai diperbincangkan lantaran belum terungkap secara tuntas.

Di tengah ramainya kasus pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo itu, muncul narasi di media sosial yang menyebut bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan perhatian khusus pada suami Putri Candrawathi tersebut.

Namun, setelah diselidiki, ternyata narasi tersebut tidak benar adanya dan hanya satire yang tersebar luas di media sosial.

Narasi yang beredar

Video singkat mencatut mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Instagram pada 10 Agustus 2022.

Video tersebut menyandingkan foto Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Ferdy Sambo. Video itu juga dibubuhi narasi bahwa Putin memiliki perhatian khusus pada Ferdy Sambo.

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. “Perhatian Vladimir Putin pada Sambo”.

Dalam awal video narator juga mengatakan bahwa Putin memiliki perhatian khusus pada Sambo.

Penelusuran video yang beredar

Setelah dilakukannya pengecekan dan penelusuran terkait video yang beredar tersebut, ternyata Sambo yang dimaksud narasi video itu bukanlah Ferdy Sambo melainkan perhatian kepada olahraga bela diri sambo.

Sambo merupakan jenis bela diri dari Rusia yang mulai populer sejak tahun 1940-an. Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata.

Sambo, bela diri khas Rusia ini dapat perhatian besar dari presidennya Vladimir Putin. Bahkan, dirinya pernah berjuang untuk mengenalkan sambo kepada dunia. Bela diri ini pun semakin besar namanya di mixed martial art (MMA) dan masuk kategori di olimpiade.

Dilansir dari Kompas.com, olahraga sambo pertama kali melejit saat petarung asal Rusia bernama Khabib Nurmagomedov, membuat heboh jagad UFC karena berhasil mengalahkan Connor McGregor.

Khabib sendiri tercatat menguasai bela diri sambo. Berbeda dengan bela diri lainnya, nama sambo masih tergolong asing di Indonesia.

Namun, bela diri yang pertama kali dikembangkan di Rusia era Uni Soviet itu sebenarnya sudah mulai populer di Indonesia. Sambo bahkan turut dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 lalu.

Di setiap pertandingan, durasi maksimal laga sambo mencapai lima menit. Pertarungan bisa berakhir lebih cepat jika salah satu petarung yang mengumpulkan poin dengan selisih delapan angka dari lawannya.

Adapun perolehan angka akan dihitung berdasarkan bantingan dan kuncian yang dilakukan selama laga.

Kesimpulan

Dengan demikian, video singkat dengan narasi Putin memiliki perhatian kepada Ferdy Sambo itu tidak benar. Faktanya, perhatian tersebut dituju untuk bela diri sambo dari Rusia bukan Ferdy Sambo.

Tag : #vladimir putin    #rusia    #internasional    #ferdy sambo    #klarifikasi    #brigadir j    #presiden rusia    #kasus ferdy sambo   

Baca Juga