Satpam UNM Rekam Mahasiswi Peserta Kampus Merdeka Saat Mandi

Rini | Hukum | 09-12-2021

Satpam yang lecehkan mahasiswi di UNM ditangkap. (dok Limapagi)

PARBOABOA, Makassar - Mahasiswi yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mendapat pelecehan saat mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PNM) di Universitas Negeri Makassar.

Pelecehan yang menimpa mahasiswi tersebut terungkap saat seorang korban dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten, yakni RN mandi di kamar mandi Hotel La Macca atau Wisma milik kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berada di Jalan Ando Pangerang Pettarani, Kota Makassar.

Saat korban menengadah dia melihat ada kamera yang terpasang di dalam kamar mandi. Sadar sedang direkam korban kemudian berteriak, namun pelaku tidak sempat ketahuan.

"Saya sedang mandi. Tiba-tiba melihat ada kamera berwarna putih diatas. Sehingga saya kaget dan langsung mengenakan pakaian," kata Korban RN, Kamis 9 Desember 2021.

Pelaku perekaman terungkap

Setelah insiden perekaman di kamar mandi tersebut terungkap, korban RN langsung mengamankan handphone yang digunakan untuk merekam aktivitas di dalam kamar mandi. Saat diperiksa di dalam galeri handphone tersebut terdapat video dan foto di kamar mandi tersebut. Kemudian terungkap handphone tersebut adalah milik satpam hotel berinisial AS.

Korban Melapor ke LBH Makassar

Mahasiswi yang menjadi korban dalam aksi perekaman tersebut mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar untuk mendapat pendampingan hukum sebelum melapor ke Polsek Rappocini Makassar. Setelah mendapat laporan, petugas dari Polsek telah menangkap pelaku dan dibawa untuk pemeriksaan ke Polsek Rappocini.

"Sudah ditangkap satpam yang merekam mahasiswi mandi. Sekarang, dia ada di kantor," kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Arifin, dikutip dari Limapagi, Kamis (9/12).

Saat diinterogasi AS mengakui perbuatannya ini baru pertama kalinya. AS mengaku video rekaman tersebut tidak disebarkan ke pihak manapun dan hanya digunakan untuk konsumsi pribadi.

Tag : #pelecehan    #universitas negeri makassar    #mahasiswa unm dilecehkan satpam    #hukum   

Baca Juga