Tempat wisata Pacitan, foto: Indonesia Kaya

10 Tempat Wisata di Pacitan yang Lagi Hits dan Sayang untuk Dilewatkan

Wanovy | Travel | 27-09-2022

PARBOABOA, Pacitan - Wisata Pacitan telah merupakan destinasi wisata yang dapat dikembangkan menjadi salah satu tempat piknik yang wajib dikunjungi. Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di ujung Barat Daya Provinsi Jawa Timur.

Wilayah tersebut tepatnya di bagian Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

Pada bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, sedangkan bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan bagian Barat berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.

Saat kamu mampir ke Kabupaten Pacitan, sebaiknya untuk mencoba sejumlah obyek wisatanya.

Seperti apa keindahan wisata Pacitan yang dikenal dengan kota 1001 Goa ini? Berikut Parboaboa sajikan 10 tempat wisata Pacitan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pantai Taman

Di Pantai Taman kamu dapat menikmati wahana yang menantang adrenalin, permainan flying fox. Flying fox di sini merupakan terpanjang di Indonesia sepanjang 450 meter dengan ketinggian 74 meter.

Wahana ini meluncur dari puncak bukit dan mendarat di Pantai Taman. Gimana berani mencoba? Tenang, keselamatan di tempat ini sangat diperhatikan.

Selain itu banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan seperti menikmati permainan outbond atau melihat penangkaran penyu.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata Pacitan yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata pantai Klayar juga disebut sebagai obyek wisata terbaru yang lagi hits di Jawa Timur.

Keeksotisannya telah dikenali sebagai salah satu pantai yang memiliki luas dengan batu-batu karang yang unik.

Di area pantai Klayar juga terdapat seruling laut yang hanya bisa kamu dapatkan di sini. Seruling laut merupakan sebuah batu karang besar yang mempunyai celah.

Setiap ombak datang, kemudian air akan menyembur keluar dan menimbulkan bunyi layaknya siul pada seruling.

3. Goa Gong

Sebagai Kota 1001 Goa, tentu Goa Gong wajib masuk ke daftar tempat wisata Pacitan yang wajib di kunjungi. Bahkan, Goa Gong juga diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara lho!

Goa sepanjang 256 meter ini dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Karena objek wisata di Pacitan ini sangat luas, butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk menelusurinya.

Daya tarik dari destinasi wisata Pacitan ini adalah ruang kristalnya yang mempesona. Stalaktit dan stalagmit yang terdapat di goa ini konon menimbulkan bunyi mirip gong ketika dipukul. Itulah mengapa goa ini dinamakan Goa Gong.

4. Goa Tabuhan

Selain Goa Gong, wisata goa lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Goa Tabuhan. Goa Tabuhan berada di Desa Wareng, Kecamatan Punung sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Goa tersebut berbentuk horizontal dan mempunyai stalaktit yang indah.

Uniknya, batu pada Goa Tabuhan dapat berbunyi seperti gamelan saat dipukul dengan tabuh. Inilah yang menjadi latar belakang penamaan Goa Tabuhan.

Konon goa ini merupakan tempat bertapa Pangeran Diponegoro atau bernama kecil Sentot Alibasya Prawiradirejo, sehingga dulu masyarakat sekitar menyebutnya Goa Tapan.

5. Goa Luweng Jaran

Jika kamu ingin berwisata sembari menguji adrenalin, maka Goa Luweng Jaran bisa menjadi pilihan. Goa Luweng Jaran berlokasi di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, atau berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Pacitan.

Luweng dalam bahasa Jawa artinya lubang, sedangkan jaran berarti kuda. Untuk menikmati Goa Luweng Jarang, kamu harus turun ke lubang goa sedalam sekitar 32 meter.

Biasanya, Goa Luweng Jaran ini dikunjungi para penelusur goa yang ingin menikmati sensasi goa bawah tanah. Begitu tiba di dasar ceruk, banyak kejutan menanti.

Ada lorong dengan ukuran melebihi aula kampus, gedung pertemuan, hanggar pesawat, bahkan sangat kecil hingga tak dapat dilewati tubuh anak kecil. Lorong tersebut dihiasi stalaktit dan stalakmit yang indah.

6. Pantai Watu Karung

Bagi kamu yang hobi berselancar, berkunjung ke Pantai Watu Karung saat waktu senggang adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, salah satu pantai terkenal di Pacitan ini dijuluki sebagai surganya para peselancar.

Salah satu alasan mengapa Pantai di Pacitan ini sangat disukai karena memiliki ombak yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Untuk lokasi dari Pantai Watu Karung ini sendiri berada di Pringkuku Watukarung Pacitan.

7. Sungai Maron Pacitan

Tempat wisata Pacitan selain pantai yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Sungai Maron Pacitan. Bagi kamu yang aktif media sosial terutama Instagram pasti sudah tidak asing dengan destinasi wisata satu ini.

Pasalnya, Sungai Maron Pacitan menjadi salah satu destinasi wisata yang beberapa bulan yang lalu viral di media sosial.

Nantinya, kamu akan diajak menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri.

8. Curug Gringsing

Selain goanya yang menakjubkan, kabupaten Pacitan juga memiliki objek wisata lain yang enggak kalah menariknya. Salah satunya adalah Curug Gringsing di Dusun Krajan.

Untuk mencapai ke tempat wisata Pacitan selanjutnya ini, kamu perlu berjalan kaki sejauh 1.5 km. Namun, kerih payahmu pasti terbayar begitu melihat keindahan air terjun ini.

Suasananya di kawasan tempat wisata Pacitan ini sangat sejuk dan menyegarkan karena berada di kawasan pegunungan.

Kalau kamu bosan dengan suasana kota, mendengarkan suara gemericik dari air terjun ini bisa jadi alternatif refreshing yang menyenangkan.

9. Pemandian Air Hangat Tirtohusodo

Melipir ke Kecamatan Arjosari, kamu bisa berendam di Pemandian Air Hangat Tirtohusodo. Di tempat wisata Pacitan ini kamu bisa merasakan sensasi mandi menggunakan air panas alami dengan pemandangan Gunung Kelir. Menarik, bukan?

Konon, berendam di Pemandian Air Hangat Tirto Husodo dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. 

Area pemandiannya juga cukup luas dengan 4 buah kolam yang berbeda, yakni 1 kolam utama, 2 kolam dewasa, dan 1 kolam anak-anak.

10. Pantai Srau

Pantai Srau dijuluki sebagai pantai perawan yang mempunyai spot terbaru dan belum pernah dijamah orang.

Pantai ini bisa jadi alternatif disaat pantai slayar dipadati wisatawan lain. Penulis sarankan untuk mengunjungi pantai Srau juga.

Kondisinya yang sepi membuat para wisatawan beranggapan kalau pantai Srau berasa milik sendiri. Sepi bukan berarti kurang bagus, bahkan pantai Srau terbilang obyek wisata yang lagi hits di Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Saat berada di lokasi pantai Srau, para wisatawan disarankan untuk tidak menyalahgunakan tempat wisata ini. Diketahui sepi, kamu dilarang untuk melakukan hal yang tidak baik selama berada dilokasi pantai.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Pacitan Jawa Timur yang lagi hits dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Happy holiday!

Tag : #wisata pacitan    #pacitan    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #pantai pacitan   

Baca Juga