10 Makanan Khas Bekasi yang Lezat dan Wajib Dicoba

Wanovy | Travel | 01-12-2022

Makanan khas Bekasi/ Gabus Pucung, foto: Okezone

PARBOABOA, Bekasi - Di balik kesibukan kotanya dan dianggap super panas, Bekasi punya segudang makanan khas yang wajib kamu coba.

Kental dengan sentuhan budaya Betawi dan Sunda, rugi banget kalau gak singgah dan coba kuliner khas ini.

Dan ini beberapa makanan khas Bekasi yang memiliki rasa yang enak dan nikmat di lidah. Di antaranya seperti beberapa di bawah ini.

1. Sayur Gabus Pucung

Makanan khas Bekasi yang pertama yakni sayur gabus pucung. Sayur gabus pucung merupakan kuliner Betawi yang menjadi andalan.

Kota Bekasi adalah tempat budidaya ikan gabus. Dulu, Bekasi memiliki banyak rawa tempat ikan gabus hidup. Inilah yang membuat konsumsi sayur gabus pucung menjadi kuliner umum masyarakat sekitar.

Gabus yang sudah digoreng dimasak dengan kuah hitam yang terbuat dari campuran kluwak yang rasanya sedikit pedas.

Pemerintah Bekasi bahkan meminta seluruh hotel di wilayahnya memasukkan Gabus Pucung di dalam menu makanannya.

2. Oblok Tongki

Makanan khas bekasi berikutnya yakni oblok tongki. Nama makanan yang unik ini mungkin jarang terdengar di telinga terutama warga luar Bekasi.

Oblok Tongki merupakan makanan khas kota Bekasi yang berasal dari Betawi. Oblok Tongki merupakan olahan daging bebek yang dibumbui dengan cabai dan rempah yang kuat. Sekilas Oblok Tongki punya tampilan mirip rendang.

3. Kue Sagon

Kue Sagon sebagai salah satu jajanan khas Bekasi yang kemudian terbuat dari tepung beras ketan.

Tepung beras ini dapat disangrai terlebih dahulu sebagai bahan dasarnya. Selain itu, biasanya kue sagon ini dicampurkan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Campuran inilah yang kemudian membuat citarasa kue Sagon gurih serta memiliki kekhasannya tersendiri.

Bentuk kuenya sendiri adalah persegi panjang. Namun, ada juga yang berbentuk pipih, tergantung pada bentuk cetakannya.

Kue Sagon bisa didapat di Roti Sagon Monas atau Veni Bakery, Bekasi dengan harga Rp15.000/bungkus.

4. Bandeng Rorod

Kalau Jogja punya Bakpia, dan Semarang punya lumpia, maka Bekasi punya bandeng rorod. Berbeda dengan bandeng presto pada umumnya yang memiliki duri lunak, bandeng rorod merupakan bandeng tanpa duri.

Dengan olahan yang cermat serta racikan bumbu khusus membuat makanan khas Bekasi ini terasa lebih nikmat.

Jika kamu ingin belanja langsung ke produsennya, langsung saja menuju ke Jalan Maluku Raya Blok C1 no. 5 Perumnas 3 Bekasi Timur, Aren Jaya. Jangan lupa bawakan menu ini sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekat, ya.

5. Kue Duit

Meskipun bernama duit namun kue ini tak terbuat dari kepingan duit. Nama duit sendiri berasal dari bentuk kuenya yang bisa dibilang mirip dengan kepingan logam.

Dengan berbahan dasar adonan tepung, kue ini kemudian dibuat dengan cara digoreng dengan minyak panas.

Teksturnya juga sangat renyah hingga kering. Kue ini juga akan semakin gurih jika digoreng kering.

Namun, citarasa dominan kue ini adalah manis. Kue Duit dapat kamu dapatkan di toko kue Dennis Cake atau pada Butri Cake & Bakery dengan harga Rp15.000/pack.

6. Kue Rangi

Dari jenis kue atau kudapan, kali ini ada Kue Rangi. Dari bentuknya, kue ini mirip dengan pukis karena cetakannya hampir sama.

Bahan yang digunakan hanya dua macam, yakni tepung kanji dan parutan kelapa. Tepung kanji memberikan tekstur kenyal dan sedikit lengket, sedangkan parutan kelapa memberikan rasa gurih.

Dalam penyajiannya, kudapan ini ditambahkan dengan saus yang terbuat dari gula merah. Adanya saus tersebut sekaligus memberikan rasa manis.

Tentunya jenis kue kali ini disukai banyak kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Sayangnya, saat ini cukup sulit menemukannya karena kalah bersaing dengan makanan modern.

7. Wajik Ketan

Wajik sudah jadi makanan tradisional yang hampir setiap daerah memilikinya. Demikian juga Bekasi punya wajik ketan dengan citarasa khas, hingga menjadi salah satu makanan favorit kota ini.

Dibalik rasanya yang legit dan istimewa, ternyata kuliner khas Bekasi ini punya cerita tersendiri. Konon, kue ini dianggap sebagai simbol pemersatu yang mempererat tali silaturahmi antar warga.

Saat liburan di Bekasi, jangan lewatkan untuk menikmati sajian khas yang terbuat dari campuran beras ketan, santan, dan gula merah. Sesuai filosofinya, ajak keluarga dan kerabat untuk menikmati lezatnya kudapan asal Bekasi ini.

8. Kue Jalabia

Bentuknya mirip donat, tapi bukan sembarang donat. Kue Jalabia adalah makanan khas Bekasi yang punya cita rasa berbeda dengan kue donat pada umumnya.

Bentuknya memang mirip dengan donat, namun bahan baku untuk membuat kue ini berbeda. Kue Jalabia dibuat dengan bahan dasar seperti tepung beras, tepung ketan, gula merah, dan santan untuk menghasilkan tekstur yang keras.

Punya citarasa khas, yakni manis, kue Jalabia menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi orang yang berkunjung ke Bekasi. Kamu pun jangan sampai kelewatan jika datang ke Bekasi untuk membeli kue ini sebagai oleh-oleh.

9. Sop Janda

Janda yang dimaksud bukan sebuah status yang biasanya disandang oleh perempuan, ya. Namun, janda adalah akronim dari Jawa-Sunda.

Sop janda berisikan tulang dan daging sapi dengan kuah yang kaya akan rempah. Cita rasa yang disuguhkan adalah perpaduan dari Jawa dan Sunda.

10. Sayur Asem Bekasi

Bagi sebagian orang, sayur asem bukan jenis kuliner yang istimewa. Hal ini dikarenakan banyak ditemui jenis makanan yang dimaksud, bahkan hampir di setiap daerah.

Namun sebenarnya setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Di Bekasi misalnya, sayuran yang digunakan cukup bervariasi, terdiri dari labu, kacang, kangkung, dan jagung.

Selain itu, makanan tradisional ini menggunakan bumbu dan rempah lumayan banyak sehingga rasa dan aromanya kuat.

Pada umumnya, olahan masakan ini disajikan dengan sambal sebagai pelengkapnya. Untuk mendapatkan rasa semakin mantap, disarankan menggunakan nasi hangat.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Bekasi yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bekasi    #bekasi    #travel    #tempat wisata    #kuliner bekasi    #jawa barat   

Baca Juga