Bahan Pangan Pokok (Dok: Parboaboa)

Harga Cabai Merah di Pasar Horas Makin Pedas, Kini Tembus Rp120 Ribu/Kg

Sarah | Daerah | 27-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Harga sejumlah bahan pangan pokok di Pasar Horas Pematangsiantar terpantau mengalami kenaikan.

Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada komoditas dengan pasokan yang minim, seperti cabai merah, cabai hijau, dan bawang merah.

Dari pantauan Parboaboa, di lapangan, Senin (27/6/22), harga rata-rata cabai merah di Pasar Horas saat ini mencapai Rp120 ribu per kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp40 ribu.

Sedangkan harga cabai hijau yang sebelumnya dikisaran Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu. Dan bawang merah yang awalnya berkisar Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu.

Manalu, seorang pedagang cabai mengatakan, harga cabai dan bawang saat ini mengalami pelonjakan yang begitu tinggi.

“Hampir semua harga bahan pangan mengalami kenaikan dek, apalagi cabai merah, kenaikannya berlipat-lipat, harganya sepedas cabainya dek,” jelasnya.

Ia mengaku, tidak mengetahui pasti penyebab dari kenaikan harga cabai tersebut. Namun menurutnya, kenaikan ini disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor cuaca yang menyebabkan petani gagal panen dan pengiriman cabai ke luar kota.

“Gatau pasti sih dek apa penyebabnya, mungkin saja karna cabe dikirimkan ke luar kota atau mungkin karna gagal panen,” ujarnya.

Dari pantauan Parboaboa, kenaikan harga bahan pokok ini sangat berpegaruh pada masyarakat. Kenaikan ini membuat minat pembeli menjadi menurun. Terlihat, hanya beberapa orang saja yang membeli cabai dan itu pun hanya membeli dalam jumlah sedikit.

Seperti salah seorang ibu rumah boru Sinaga mengatakan, dirinya jadi membatasi jumlah pembelian cabai karena harganya yang sangat meroket.

“Harganya meroket kali dek. Jadi gak beranilah beli banyak-banyak, yang biasanya suka nyetok sekarang hanya beli secukupnya aja,” keluhnya.

Tag : #cabai merah    #pasar horas    #daerah    #petani    #masyarakat    #pematangsiantar    #berita sumut   

Baca Juga