Daftar provinsi terluas di Indonesia (news.detik.com)

10 Provinsi Terluas di Indonesia, Ada Sumatera Utara!

Wulan | Nasional | 24-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Sampai saat ini, Indonesia terus menerus melakukan pembangun di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Dengan Luas wilayahnya yang mencapai 1.916.862,20 kilometer persegi, menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-14 di dunia.

Namun, dari luasnya wilayah tersebut ada beberapa daerah yang termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia. Apa saja?

1. Papua

Wilayah pertama yang memiliki daerah dengan luas tertinggi di Indonesia adalah Papua. Provinsi yang terletak di bagian ujung timur ini memiliki luas 319.036,05 km persegi atau sekitar 16,67% dari luas wilayah Indonesia. Secara geografis, Papua berbatasan dengan Samudera Pasifik di utara; Papua Nugini di timur; Samudera Hindia, Laut Arafuru, Teluk Carpentaria, Australia di selatan; dan Papua Barat serta Maluku di barat.

2. Kalimantan Tengah

Kalimatan Tengah menjadi provinsi terluas kedua di Indonesia dengan luas wilayah 153.564,50 kilometer persegi atau 8,01 persen luas wilayah Indonesia. Provinsi ini dibentuk pada 23 Mei 2957 dan memiliki 13 kabupaten serta 1 kota. Wilayah ini juga berbatasan dengan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur; sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Kemudian sebelah timur berbatasan dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan; lalu sebelah barat berbatasan dengan Kalimantan Barat.

3. Kalimantan Barat

Provinsi terluas di Indonesia yang ketiga adalah Kalimantan Barat dengan luas 147.307 km2 atau setara dengan 7,68 luas wilayah Indonesia. Provinsi yang terkenal memiliki banyak sungai besar maupun kecil ini dibentuk pada tanggal 1 Januari 1957 dengan ibu kota yang berada di Kota Pontianak. Secara geografis, Kalimantan Barat berbatasan dengan Sarawak di utara; Kalimantan Utara dan Tengah di timur; Laut Jawa di selatan; dan Laut Natuna, Selat Karimata serta Semenanjung Malaysia di barat.

4. Kalimantan Timur

Kalimantan Barat dengan Ibukota adalah Kota Pontianak menjadi daerah dengan luas ke-3 di Indonesia, daerah yang ada di bawah Kalimantan Barat ini mencapai 129.066,64 KM atau setara dengan 6,73 persen wilayah Indonesia. Kalimantan Timur memiliki tujuh kabupaten, tiga kota, 107 kecamatan, dan 1.032 desa atau kelurahan.

5. Papua Barat

Selanjutnya, provinsi terluas di Indonesia adalah Papua Barat. Provinsi ini memiliki luas wilayah 102.036,05 kilometer persegi atau 5,37 persen luas Indonesia. Wilayah Papua Barat mencakup kawasan yang menyerupai kepala burung pada Pulau Papua serta kepulauan di sekelilingnya. Secara geografis, wilayah Papua Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik di utara, Provinsi Papua di timur, Laut Banda di Selatan, serta Maluku Utara dan Kepulauan Maluku di barat.

6. Sumatera Selatan

Dengan luas wilayah mencapai 91.592,43 kilometer persegi, atau setara dengan 4,78 persen luas Indonesia menjadikan Sumatera Selatan menjadi provinsi terluas di Indonesia. Sumatera Selatan dibentuk pada tanggal 15 Mei 1946, dengan ibu kotanya yang berada di Kota Palembang. Secara geografis, Sumatera Selatan berbatasan dengan Jambi di utara; kepulauan Bangka-Belitung di timur; Lampung di selatan, dan Bengkulu di barat.

7. Riau

Provinsi dengan luas wilayah tersbesar di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Riau yang luas wilayahnya mencapai 87,023.66 Kilo meter, luas wilayah di Riau ini setara dengan 4.548 persen dari wilayah-wilayah Indonesia. Provinsi Riau berada di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera inin dibentuk pada tanggal 9 Agustus 1957 dengan ibukotanya yakni Pekanbaru. Provinsi ini dikenal sebagai salah satu provinsi terkaya di Indonesia karena memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, hingga karet dan kelapa sawit.

8. Kalimantan Utara

Kalimantan Utara menjadi Provinsi Termuda di Indonesia. Selain itu, wilayah ini juga menjadi wilayah yang masih dihitung luas. Dimana wilayah yang ada di bawah pemerintahan Kalimantan Utara adalah 75,467.70 Kilo Meter, wilayah ini setara dengan 3.944 persen dari wilayah di Indonesia. Wilayah ini diketahui berbatasan langusng dengan negara bagian Sabah dan Sarawak Malaysia.

9. Sumatera Utara

Wilayah yang terkenal dengan tuan rumah Suku Batak ini menjadi wilayah terluas di Indonesia selanjutnya. Wilayah ini memiliki luas 72.981,23 kilometer persegi, atau setara dengan 3,81 persen luas Indonesia. Secara geografis, Sumatera Utara berbatasan dengan Aceh dan Selat Malaka di utara; Selat Malaka di Timur; Riau, Sumatera Barat dan Samudera Indonesia di selatan; serta Aceh dan Samudera Indonesia di barat.

10. Sulawesi Tengah

Terakhir, provinsi terluas di Indonesia adalah Sulwesi Tengah. Wilayah  terluas diantara daerah Sulawesi ini memiliki 61,841.29 kilometer. Luas wilayah di Sulawesi Tengah ini juga setara dengan3.232 persen dari luas wilayah di Indonesia. Secara geografis, Sulawesi Tengah berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Gorontalo di utara; Maluku di timur; Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan di selatan; Sulawesi Tenggara di tenggara; dan Selat Makassar di barat.

Tag : #provinsi    #indonesia    #nasional    #provinsi terluas di indonesia    #papua    #kalimantan tengah    #kalimantan barat    #sumatera utara   

Baca Juga