Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan hari raya Idul Adha sekaligus awal bulan Zulhijah 1443 Hijriah hari ini (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Adha 1443 Hari ini

Wulan | Nasional | 29-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat awal Zulhijah atau Idul Adha 1443 H pada hari ini, Rabu (29/6/2022).

"Kami akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Iduladha 1443 H," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib dalam keterangan resminya dikutip Rabu (29/6/2022).

Adapun Sidang isbat awal Zulhijah ini rencananya akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Adib mengatakan, pelaksanaan sidang isbat ini merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam. Ia pun telah meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

"Belajar dari Sidang Isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal," pesannya.

Adib juga menjelaskan, semua sistem hisab menyepakati ijtimak menjelang Zulhijah 1443 H jatuh pada Rabu, 29 Juni 2022 M bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1443 pukul 9:52 WIB.

"Pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk, berkisar antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit, dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat," katanya.

Nantinya, melalui sidang isbat ini akan diputuskan kapan 1 Zulhijjah 1443 H.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi, menjelaskan Sidang Isbat Awal Zulhijah akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sidang juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren," kata Ismail.

Sidang Isbat awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap, sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Sesi kedua, lanjut Ismail, sidang isbat akan dimulai setelah Magrib, serta diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.

Sesi ketiga yakni pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Zulhijah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag.

 

Tag : #kemenag    #idul adha    #nasional    #sidang isbat idul adha 1443    #idul adha 1443 h    #adib    #hari raya idul adha 1443 h   

Baca Juga